Chat with me!

Minggu, 20 Maret 2011

Cara perhitungan matriks dengan menggunakan software MINITAB 15

      

Hallow...
udah lama banget ngga ngepost berasa kangen juga..hehe...

Kali ini mau ngebahas tentang cara perhitungan matriks dengan menggunakan aplikasi di komputer. Ada banyak aplikasi yang menyediakan penyelesaian perhitungan matriks, Microsoft office excel sendiri juga bisa digunakan untuk operasi matriks, tapi kali ini saya akan menjelaskan cara perhitungan matriks dengan menggunakan software MINITAB 15.   
  
Matriks adalah kumpulan bilangan berbentuk persegi panjang yang disusun menurut baris dan kolom. Bilangan bilangan yang terdapat di suatu matriks disebut dengan elemen atau anggota matriks. Dengan representasi matriks, perhitungan dapat dilakukan dengan lebih terstruktur. Pemanfaatannya misalnya dalam menjelaskan persamaan linier, transformasi koordinat, dan lainnya. Matriks seperti halnya variabel biasa dapat dimanipulasi, seperti dikalikan, dijumlah, dikurangkan dan didekomposisikan.


Berikut adalah langkah-langah perkalian matriks dengan menggunakan software MINITAB 15:
1. Buka program Minitab 15
2. Aktifkan jendela 'Session'
3. Aktifkan 'Enable Commands' . Editor - Enable Commands


4. Misalkan ingin dilakukan perkalian matriks sebagai berikut:
5. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasukkan data matriks, ini salah satu cara yang bisa dilakukan:
Masukkan data pada jendela 'Worksheet':


6. Perintah untuk membaca matriks:
    Calc - matrices - Read…



     Misal ingin memasukkan data matriks  

 maka row=3,column=3 (ukuran matriks 3x3), misal disimpan di M1. Klik OK


   


   

















Kemudian 


   Hasilnya pada jendela ‘session’: 


   kemudian langsung tekan ‘Enter’
   maka hasilnya:



     Ulangi hal yang sama untuk memasukkan matriks yang satu lagi
     Simpan matriks di m2, ukuran matriks 3x2, klik ok
     
     
7. Untuk melakukan operasi perkalian, caranya:


     Calc - Matrices - Arithmetic…

     
     Pilih multiply
     M1*M2
     Simpan di m3

     
   Klik OK


   
8. Hasilnya sudah tersimpan di m3
    Untuk melihat data di m3, Caranya:


   Data - display data

   

   Pilih M3, kemudian klik 'select' , lalu klik 'OK'

      
  Hasilnya:

   
  Ada banyak operasi yang bisa dilakuan: invers (invert), transpose, penjumlahan, pengurangan,dll
   Di coba-coba sendiri…
   selamat mencoba...........

   

3 komentar:

Aufa Nur Faiz Yudhantoro mengatakan...

kalau matriksnya ingin kita pangkatkan sebanyak n, bagaimana caranya...kalo dengan menggunakan multiply tentunya sangat lama apabila kita memangkatkan 20 matriks tersebut, artinya kita melakukan multiply sebanyak 20 kali...apakah ada cara singkat misal dengan menulis M1^20 langsung ya?

nivi mengatakan...

hmm... sebenernya saya sendiri jarang mengunakan minitab untuk melakukan perhitungan matriks...
kalau untuk pangkat n, tidak bisa dengan multiply lalu M1*20 , karena itu akan mengkasilkan matriks yang dikali 20(bukan pangkat)...
saya sendiri juga ngga tau caranya gimana klo di minitab,, hehe... nanti saya liat2 lagi deh minitabnya.. :D

henddy mengatakan...

thanks infonya, sangat membantu ..

Poskan Komentar